Metallica Band, Grup Band Dengan Penampilan Metal Terbaik

(dok.kompasiana.com)
(dok.lollapalooza.com)

Metallica Band Metal Terbaik 80 an

METALLICA BERASAL DARI GABUNGAN KATA METAL DAN VODCA, METALLICA MERUPAKAN GRUP BAND METAL YANG BERHASIL MENJADI GRUP BAND DENGAN PENAMPILAN METAL TERBAIK SELAMA 2 TAHUN BERTURUT-TURUT.

Sekilas Mengenai Grup Band Metallica
Grup band Metallica dibentuk pada tahun 1981 oleh Lars Urich di Los Angeles California, Amerika Serikat. Pada awalnya grup band ini bernama "Young Of Metal Attack" tetapi beberapa bulan kemudian namanya berubah menjadi "Metallica".

Nama Metallica sebenarnya akan digunakan untuk nama sebuah majalah saja, tetapi oleh Lars Ulrich akhirnya diambil terlebih dahulu dan  akhirnya dipakai untuk nama grup band mereka sebelum majalah tersebut sempat dikenal.

Seperti pada umumnya yang selalu dialami oleh sebagian besar grup band maka Grup band metallica juga sempat mengalami beberapa kali terjadi pergantian personilnya :
Untuk formasi awalnya terdiri dari 4 orang personil diantaranya adalah : 
Lars Ulrich - sebagai drummer
James Hesfield - sebagai vocal dan gitaris
Lloyd Grant - sebagai gitaris
Ron Mc Gooney - sebagai Bass
Pada tahun 1981, formasi ini telah menghasilkan lagu pertamanya yang berjudul "Hit the light" dan berhasil masuk menjadi album Kompilasi Rock Metal Massacre.

Terdapat beberapa formasi yang menyertai perjalanan karir musik Metallica band, formasi tersebut diantaranya adalah :

- Formasi ke 2 :
Setelah album kompilasi Rock Metal Massacre ini beredar, Lloyd Grant dan Ron Mc Gooney mengundurkan diri. Kemudian posisinya digantikan oleh Dave Mustaine dan Cliff Burton. Dengan formasi personil yang baru ini, Metallica berhasil mengeluarkan demo album yang berjudul "No life Till Leaher".

- Formasi ke 3 :
Pada tahun 1983, Metallica akan melakukan tour pendek ke beberapa kota tetapi terjadi sangat disayangkan karena terjadi perseteruan antara James Hesfield dengan Dave Mustaine, sehingga mengakibatkan Dave Mustain keluar. Kemudian posisinya digantikan oleh Kirk Hammett yaitu seorang gitaris dari grup band Exodus.
Formasi ini pada bulan Mei 1983, berhasil menghasilkan album "Kill 'Em All".

- Formasi ke 4 :
Pada tanggal 27 September 1986, Bis yang digunakan Metallica untuk mengadakan tour ke Scandinavia mengalami kecelakaan, sehingga mengakibatkan Cliff Burton meninggal dunia. Peristiwa ini menjadikan anggota personil Metallica menjadi terpukul, tetapi akhirnya Cliff Burton digantikan oleh Jason Newsted yaitu seorang basss yang berasal dari grup band Float San and Jetsan.

- Formasi ke 5 :
Jason Newsted akhirnya juga mengundurkan diri setelah berbeda pendapat dengan James Hesfield, posisinya digantikan oleh Robert Trugilo.
Sehingga sekarang anggota personilnya formasinya berubah menjadi :
Lars Ulrich - sebagai drummer
James Hetfield - sebagai vokal & gitaris
Kirk Hammett - sebagai gitaris
Robert Trugilo - sebagai bass

Prestasi Dan Album Metallica
Berbagai macam prestasi telah berhasil diraih oleh kelompok musik metal yang bernama Metallica ini, diantaranya adalah :
- Tahun 1984 - Metallica semakin terkenal dengan merilis album berjudul "Ride the lightning", album ini berhasil bertahan selama 50 minggu di Billboard Top 200. Pada tahun itu juga Metallica sekaligus meluncurkan promo albumnya yang berjudul "Jump in the fire".

- Tahun 1985 - Album "Master of Puppets" berhasil masuk lagi di Billboard Top 40 selama 72 minggu dan berhasil meraih Platinum tanpa single dan video.

- Tahun 1990 - Album Metallica berhasil mencapai Penjualan Quadruple Platinum dan mencapai peringkat pertama di 8 negara Amerika dan Eropa, serta berhasil mendapatkan Grammy Award untuk kategori Penampilan Metal terbaik selama 2 tahun berturut-turut.

- Tanggal 10 Agustus 2008, Metallica berhasil menyelesaikan proses rekaman album studio ke 9 yang berjudul "Death Magnetic" yang diluncurkan pada tanggal 12 September 2008 di seluruh dunia.

- Tanggal 1 November bersama-sama dengan grup band Lou Red berhasil merilis album.

- Tanggal 13 Desember 2011, berhasil mengeluarkan EP terbaru yang berjudul "Beyond Magnetic".

Terima kasih suadh berkunjung di blog yang berisi artikel tentang METALLICA BAND, GRUP BAND DENGAN PENAMPILAN METAL TERBAIK, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar